News

Kota Dengan Polusi Udara Tertinggi di Indonesia

Kota dengan polusi udara tertinggi di Republik Indonesia tidak sedikit. Terutama ketika sudah memasuki musim kemarau. Yang mana situasi cuaca kering dan berangin, yang menyebabkan polusi semakin tebal. Risikonya adalah munculnya penyakit ISPA.

Maka dari itu, harus diketahui kota mana saja yang polusinya tinggi. Sehingga, ketika tinggal di lokasi tersebut, masyarakat bisa melakukan tindakan antisipatif secepatnya. Nah, karena alasan tersebut, berikut dijelaskan tentang kota di Indonesia dengan polusi udara tertinggi. Ini dia uraiannya:

1. Jakarta

Kota dengan polusi udara tertinggi di RI yang pertama adalah Jakarta. Hal ini sangat wajar, mengingat jumlah aktifitas warga terbesar dari seluruh Indonesia ada di kota ini.

Menurut survei yang dikutip airvisual.com, pada tanggal 6 september 2019, Jakarta dianggap menduduki ranking ke dua sebagai kota dengan polusi terburuk di dunia setelah Hanoi, Vietnam. Rata-rata index kepekatan udara di Ibu Kota mencapai angka 160. Maka dari itu, ada himbauan kepada masyarakat agar menggunakan masker ketika beraktivitas di luar.

Ini akibat dari pembangunan pabrik yang terus berkembang dari tahun ke tahun, tidak dibarengi dengan penghijauan ibu kota. Sehingga polusi udara yang dihasilkan tidak diimbangi oleh oksigen yang bagus. Atas dasar itu, wajar kalau Jakarta masuk ke dalam kategori kota paling berpolusi.

2. Surabaya

Surabaya adalah kota terpadat dan tersibuk di Jawa Timur. Maka dari itu, kota pahlawan ini didaulat sebagai ibu kotanya Jatim.

Tidak dimungkiri, sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, berbagai aktivitas masyarakat tumplek di sini. Bahkan, jalanannya juga sering macet akibat banyaknya kendaraan yang lalu lalang.

Karena hal tersebut, polusi di Surabaya terbilang tidak bagus. Sebab asap kendaraan terlalu banyak memenuhi udara. Belum lagi asap pabrik yang membuat kualitas udara di kota Surabaya begitu rendah.

Menurut praktisi lingkungan di ITS, Dr Arie Dipareza yang dikutip dari Jatimnet.com, polusi udara di Surabaya mendekati ambang waspada. Menurutnya, kadar polusi yang mendekati nilai indeks 80 masih terbilang standar dan baik. Namun ketika dilakukan penelitian di 4 jalan protokol di Surabaya, ternyata ada kelebihan polutan mutu yang berbahaya.

Maka dari itu, beliau juga menyampaikan kalau polusi tersebut juga bisa menimbulkan gangguan penyakit pernafasan. Bahkan polusi ini juga membuat cuaca Surabaya begitu panas ketika di siang hari. Apalagi di musim kemarau dan musim pancaroba. Karena itu, diharapkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika keluar rumah.

3. Pontianak

Pontianak dianggap sebagai kota di NKRI dengan kadar polusi udara terburuk. Bahkan pada tanggal 14 Agustus 2019, dianggap puncak dari tingkat polusi udara yang begitu rendah dengan mendekati ukuran AQI 228. Dengan hasil survey ini, polusi udara di Pontianak mengalahkan Jakarta yang bertahan di Index 155.

Bahkan pada bulan September, polusi udara di Pontianak disebut mendekati status berbahaya. Penyebabnya adalah akibat terkena efek asap dari kebakaran hutan di sekitar kota.

Karena asap ini, jarak pandang masyarakat menjadi terbatas. Menurut kabar media, warga hanya mampu melihat sejauh 200 meter saja saking pekatnya kabut asap di Pontianak. Ini pula yang membuat beberapa penerbangan di Pontianak menjadi terhambat.

4. Palangkaraya

Pasca terjadinya kebakaran hutan yang hebat, polusi udara di Palangkaraya meningkat hingga 20 kali lebih membahayakan dibandingkan Jakarta. Menurut survei Airvisual.com, fenomena ini tidak berubah dari sejak bulan September hingga sekarang.

Indeks polusi yang sedang terjadi di Palangkaraya kali ini mendekati angka PM 2.5. Menurut praktisi Greenpeace Indonesia, index semacam ini sangat berbahaya. Karena polusi tetap bisa masuk sekalipun warga sudah menggunakan masker yang berwarna hijau.

Tak Hanya itu, WHO juga mengingatkan, kalau indeks polusi serendah itu, bisa menimbulkan penyakit bagi warga yang imunnya lemah. Salah satunya adalah penyakit kanker, infeksi paru paru hingga masalah pernafasan.

Ini daftar kota dengan polusi udara tertinggi di Nusantara. Persiapkan diri ketika berada di area tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.